Sabtu, 16 September 2017

Daftar Istilah Dan Pengertian Permasalahan Yang Terjadi Pada Android

Istilah dan pengertian permasalahan yang terjadi pada android – Android merupakan salah satu OS berbasis linux yang dirancang sedemikian rupa hingga saat ini menjadi salah satu OS smartphone paling fenomenal di seluruh dunia. Dan kebanyakan dari anda saat ini mungkin sudah memiliki smartphone dengan OS android ini, jika belum segera upgrade smartphone anda dengan yang baru agar tidak ketinggalan update.

pengertian bootloop

Dengan menampilkan user interface yang menarik, OS android memiliki daya tarik sendiri dimana android merupakan OS yang mampu menjalankan berbagai macam aplikasi. Hal ini mengingat para developers aplikasi android yang kian berkembang dengan pesat, sehingga menciptakan banyak sekali aplikasi yang support pada OS ini.

Menurut saya android merupakan salah satu OS paling sempurna didunia, karena dari tahun ke tahun android juga selalu mengalami perkembangan / peningkatan versi yang lebih baik dari sebelumnya. Namun meskipun begitu, android juga bisa mengalami yang namanya error baik itu karena kesalahan pengguna maupun dari kesalahan software dan hardwarenya.

Nah bagi anda yang baru memakai atau sudah lama memakai OS android ini, mungkin anda bertanya-bertanya tentang istilah ketika android yang anda miliki sedang mengalami error. Pentingnya mengetahui istilah tentang permasalahan yang terjadi pada android tidak bisa anda abaikan, karena dari situ nantinya kita bisa paham dengan permasalahan yang timbul dan cara penanganannya.



Pengertian beberapa istilah permasalahan yang terjadi pada android


  • Force close

Istilah pertama yaitu force close, dimana istilah ini sering kali digunakan apabila android anda mengalami error / crash baik itu pada aplikasi yang akan dijalankan atau sedang berjalan, Force close ini biasanya ditandai dengan munculnya sebuah notifikasi pilihan dimana kita akan menunggu atau menutup secara paksa pada aplikasi tersebut. Ini disebabkan karena respon aplikasi terhadap sistem android yang lama,sehingga mengakibatkan force close. Atau bisa juga karena aplikasi tersebut sudah tidak update dan tidak kompatible pada versi android yang anda pakai.



  • Bootloop

Untuk permasalahan yang satu ini biasanya paling umum terjadi bagi anda yang sering melakukan oprek pada sistem android. Sering ganti-ganti ROM pada android, atau mungkin salah memasang custom ROM yang memang bukan ROM resmi dari vendor ponsel anda. Namun tidak hanya itu saja,bootloop biasanya juga bisa terjadi, apabila anda menjalankan aplikasi / game yang terlalu over sehingga mengakibatkan crash pada sistem android tersebut. Bootloop sendiri ditandai dengan device yang tidak bisa booting secara sempurna, sehingga hanya berhenti di logo bootanimation saja. Nah jalan satu-satunya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan flashing ulang.



  • Stuck

Hampir sama dengan bootloop ,dimana stuck ini ditandai dengan gagalnya booting pada device yang anda miliki. Android akan mengalami hang tepat dilogo vendor smartphone anda pada saat proses booting. Hal demikian bisa terjadi dikarenakan anda terlalu sering mengotak-atik atau memodifikasi file sistem sehingga menyebabkan error pada sistem android tersebut.



  • Softbrick

Soft brick adalah kesalahan yang terjadi pada sistem android sehingga mengakibatkan macet atau stuck pada logo android. Namun pada khasusnya softbrick masih bisa memasuki mode recovery dengan melakukan tombol kombinasi sesuai dengan ponsel android anda.



  • Hardbrick

Lain halnya dengan softbrick,hardbrick merupakan permasalahan android yang bisa dibilang sudah sangat parah. Biasanya ditandai dengan layar hitam atau mati total. Hal tersebut bisa terjadi karena kernel dan ROM yang anda pasang pada OS android tersebut tidak kompatibel sehingga mengalami crash yang berujung pada gagalnya booting.



  • Blue screen

Mungkin dari anda sekalian sudah mengenal istilah ini, karena sudah sejak lama istilah ini muncul jika terjadi error pada PC anda. Pada OS android, blue screen juga bisa terjadi loh. Layar mendadak berubah menjadi biru dan device anda akan melakukan restart secara terus menerus.



  • Back screen

Blackscreen bisa terjadi karena RAM pada android sudah mencapai batas maksimalnya, ruang yang disediakan untuk menjalankan aplikasi sudah penuh sehingga launcher tidak mau berfungsi dengan baik dan mengakibatkan blackscreen ketika anda membuka kunci smartphone anda.



Kesimpulan

Nah sobat android-tutorial.com, dari segala permasalahan yang timbul pada OS android diatas sebagian besar penyebabnya adalah karena terjadinya error / crash pada file sistem. Untuk itu jika anda tidak ingin hal diatas terjadi pada android anda, gunakanlah dengan wajar dan jangan melebihi batas dari spesifikasi yang sudah ditetapkan android tersebut. Selain itu, jangan melakukan oprek / modifikasi karena jika tidak mengerti dasarnya akan berakibat fatal pada ponsel android anda.



Itu tadi adalah beberapa daftar istilah dan pengertian permasalahan yang terjadi pada android yang bisa saya sampaikan. Semoga postingan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk sobat semuanya yang sedang membaca. Sekian dan terimakasih.

www.berposting.com